Manfaat Dan Khasiat Daun Teh Untuk Kesehatan

Berikut ini adalah manfaat dan khasiat daun teh untuk kesehatan tubuh, kecantikan kulit wajah dan juga sebagai obat tradisional berbagai jenis penyakit.


Manfaat Daun Teh

Teh adalah minuman yang sangat familiar didunia. Teh berasal dari daun teh yang dipetik dari pohon teh (camelia sinesis). Dewasa ini, teh sudah dikemas dengan berbagai bentuk yang menarik. Misalnya, teh saring, teh stik, teh bubuk, atau teh yang diperes.

Pengelompokan Teh Berdasarkan Tingkat Oksidasi:

Teh Putih

Teh ini tidak mengalami proses oksidasi. Proses pengeringan dan penguapan juga dilakukan dengan sangat singkat. Dibandingkan jenis lain, teh ini diproduksi dalam jumlah yang sedikit sehingga harganya tergolong mahal. Teh ini jarang ditemui diluar Cina. Terkenal dengan kualitasnya karena diambil dari pucuk teh terbaik.

Teh Hitam

Teh ini mengalami  fermentasi paling lama dibanding teh lainnya, antara 2 minggu hingga 1 bulan. Hal ini membuat warnanya sangat pekat dan aromanya begitu kuat. Teh ini paling banyak dikonsumsi masyarakat dunia, terutama inggris.

Teh Hijau

Teh hijau tidak mengalami peroses oksidasi, namun melewati pengeringan dan penguapan yang lebih lama dibanding teh putih. Biasanya, mulai diolah setelah dipanen satu atau dua hari kemudian.

Teh Kuning

Proses pengolahannya tidak jauh berbeda dengan teh hijau dan nilai sebagai teh yang bermutu tinggi.

Teh Oolong

Teh ini tidak menjalani proses oksidasi hingga tuntas karena segera dihentikan dipertengahan jalan.

Kandungan Teh:

Teh mengandung berbagai zat yang berguna bagi orang yang mengonsumsinya. Berikut ini zat-zat yang terkandung didalam teh.

Vitamin K

Dalam proses pembuatan teh, vitamin C dan E banyak hilang. Namun, teh ternyata memiliki vitamin K yang tinggi.

Mineral

Teh mengandung sejumlah mineral yang menyehatkan bagi tubuh manusia.

Polifenol

Salah satu jenis antioksidan yang lebih efektif 100 kali lipat  dibanding vitamin C.

Essential Oil

Teh mengandung protein yang berperan dalam membentuk aroma serta bermanfaat untuk melarutkan lemak.

Kafein

Jumlah kafein di dalam teh tidak sebanyak kopi dan bermanfaat mempelancar sirkulasi darah ke otak.

Fluoride

Fluoride adalah zat yang berperan untuk memperkuat tulang dan gigi.

Glutamic Acid

Zat yang terkandung didalam teh dan memberi efek menenangkan setelah diminum.

Manfaat dan Khasiat Teh:

Teh putih mengandung katekin yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan berperan sebagai antioksidan. Sementara, teh hitam berguna untuk meningkatkan konsentrasi sekaligus mencegah kantuk. Teh hijau memiliki katekin, tapi kadarnya lebih tinggi dibandingkan teh putih. Fungsinya antara lain untuk menurunkan kdar kolesterol jahat, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah kanker, hingga menghaluskan kuli. teh Oolong juga menyimpan banyak manfaat di antaranya mengobati sakit kepala, mengontrol kolestrol, menurunkan kadar gula, serta membantu kinerja pencernaan.

Selain manfaat di ataas, secara umum teh masih memiliki keistimewaan lainnya, seperti menurunkan risiko terkena penyakit hati, membantu tubuh melawan berbagai virus, menyehatkan gusi, mencegah sesak napas, mengurangi stres, melindungi lever, mencegah keracunan makanan, memperlambat penuaan, hingga membantu menghalangi penyebaran virus HIV.

=======================

Itulah khasiat daun teh untuk kesehatan, baca juga artikel manfaat daun pepaya.

Subscribe to receive free email updates: