Waspadai! 13 Jenis Penyakit Kulit Yang Berbahaya ini

Jenis Penyakit Kulit Yang Berbahaya. Salam sehat semua pembaca, saya harap anda selalu dalam keadaan sehat, amin, pada topik masalah kesehatan kali ini saya akan memberikan informasi penting ini kepada anda semuanya khususnya mengenai Jenis Penyakit Kulit. memang kadang seringkali penyakit kulit datang tanpa kita sadari,dan ini bisa di timbul dari berbagai faktor, faktor kebersihan, ketahan tubuh dan lain sebagainya.

Perlu anda sadari bahwa Kulit merupakan organ tubuh manusia yang paling banyak, Kulit juga termasuk pelindung tubuh yang menjadi lapisan luar, apa jadinya seumpama kita semua tidak punya kulit, pasti akan mudah sekali terkena penyakit. jika kita perhatikan secara lebih lanjut Kulit memiliki peranan penting bagi tubuh yang melindungi tubuh dari luar, termasuk melindungi dari bakteri, virus dan mengatur suhu tubuh, betapa dahsyatnya peranan dan fungsi kulit bagi tubuh manusia ini, maka dari itu kita perlu merawatnya dengan baik, jangan sampai anda terkena Penyakit Kulit.Usahakan jaga kebersihan kulit, mandi secara teratur dan selalu makan-makanan yang bergizi.

Jika kita perhatikan banyak sekali Penyakit Pada Kulit ini, beberapa masalah pada kulit yang sering terjadi diantaranya adalah, kulit kemerahan, bengkak,rasa terbakar / panas, dan gatal-gatal. dan semua Macam Jenis Penyakit Kulit ini bisa dikategorikan dalam kategori ringan dan berbahaya. dan kadang Ada Macam-macam Penyakit Kulit yang bisa membahayakan nyawa, untuk itu tetaplah waspadi itu semua sebelum anda terkena penyakit kulit.

Untuk menyingkat waktu, Cara Obat akan langsung membahas apa sih Macam-macam Penyakit Kulit yang berbahaya bagi tubuh, nah berikut urain lebih detailnya

Jenis - Jenis Penyakit Kulit Berbahaya

1. Penyakit Kulit Eksim


Penyakik Kulit ini disebut juga dermatitis atopik, Penyakit Kulit ini termasuk dalam kategori penyakit kronis / jangka panjanga, gejala yang bisa kita ketahui adalah kulit kering dan gatal-gatal, ruam pada wajah, siku, belakang lutut dan juga pada tangan dan kaki, memang hampir semua tempat lipatan dimana kulit ada penyakit ini bisa menyerah siapa saja. banyak penyebab yang bisa menimbulkan penyakit ini salah satunya adalah terjadinya alergi dan bisa menular ke siapa saja, termasuk keluarga anda.
Jenis-penyakit-kulit
Penyakit Kulit Eksim ini lebih cenderung menyerang pada orang yang kebanyakan mengalami alergi. dan sering kali menyerang dan kambuh, untuk itu jika kebetulan anda mengalami salah satu gejala penyakit ini, saya sarankan sedini mungkin anda bisa periksa ke dokter kulit, dan penanganan yang tepat akan bisa mengendalikan penyakit ini agar tidak lebih parah lagi.

2. Penyakit Kulit Bisul


Penyakit Bisul merupakan adalah salah satu penyakit yang sering menyerang anak dan bahkan orang tua juga bisa terinfeksi, biasanya akan berupa benjolan dan tampak kemerahan pada kulit. seiring bertambahnya waktu penyakit bisul akan semakin membsar dan rasa nyeri serta rasa panas akan dirasakan oleh penderita penyakit ini. biasanya bisul timbul pada bagian kulit yang lembab dan basah, ini karena adanya bakteri Stafilokokus aereus, seperti contoh, lipatan pahan, paha,sela bokong, sekitar leher dan ketiak bahkan kepala.
jenis-penyakit-kulit
Di atas sudah saya singgung bahwa penyebab bisul karena adanya infeksi bateri, pada kulit melalui folikel, rambut, kelenjar minyak, kelenjar keringan kemudian akan menimbulkan infeksi lokal, penyebab utamanya adalah kurangnya kebersihan pada kulit, maka dari itu sebisa mungkin jagalah kesehatan kulit anda dengan baik, jika anda terkena bisul segera periksa ke dokter terdekat, agar segera bisa ditangani dan tidak lebih parah lagi penyakitnya.

3. Penyakit Kulit Campak


Penyakit Campak (Rubeola, Campak 9 hari, measles) adalah suatu infeksi virus yang sangat menular, yang ditandai dengan demam, batuk, konjungtivitis (peradangan selaput ikat mata/konjungtiva) dan ruam kulit. Penyakit ini disebabkan karena infeksi virus campak golongan Paramixovirus.
macam-macam-penyakit-kulit
Penularan infeksi terjadi karena menghirup percikan ludah penderita campak. Penderita bisa menularkan infeksi ini dalam waktu 2-4 hari sebelum timbulnya ruam kulit dan 4 hari setelah ruam kulit ada. Sebelum vaksinasi campak digunakan secara meluas, wabah campak terjadi setiap 2-3 tahun, terutama pada anak-anak usia pra-sekolah dan anak-anak SD. Jika seseorang pernah menderita campak, maka seumur hidupnya biasanya dia akan kebal terhadap penyakit ini.

4. Penyakit Kulit Kudis


Kudis atau yang dikenal dalam istilah medisnya dengan skabies (scabies) adalah kondisi menular kulit yang disebabkan oleh penyusupan tungau kecil ke dalam lapisan kulit luar yang akan menimbulkan ruam kulit yang sangat gatal dan dapat menimbulkan keropeng. Tungau kecil tersebut tidak tampak dengan penglihatan mata biasa.
Jenis-Penyakit-Kulit
Kudis merupakan salah satu penyakit kulit yang paling umum di negara-negara berkembang. WHO menyatakan bahwa kudis telah menjangkiti lebih 130 juta orang di seluruh dunia. Gejala kudis adalah adanya rasa gatal yang begitu hebat pada malam hari, terutama di sela-sela jari kaki, tangan, di bawah ketiak, alat kelamin, pinggang dan lain-lain. Kudis sangat gampang menular pada orang lain, secara tidak langsung maupun tidak langsung.

Penyebab penyakit menular ini adalah tungau Sarcoptes scabiei. Tungau-tungau tersebut akan menggali liang menyerupai terowongan untuk bersarang di bawah lapisan kulit luar (epidermis).
Daerah di sekitar sarang tersebut kemudian akan terasa sangat gatal, terutama pada malam hari saat suhu tubuh lebih hangat, dan akhirnya membentuk ruam. Rasa gatal ini disebabkan reaksi alergi tubuh terhadap protein dan feses tungau. Karena itu, gejala gatal-gatal tetap bisa tersisa sampai kurun waktu tertentu meski tungau-tungau sudah dibasmi.

5. Penyakit Kulit Kurap


Penyakit kurap pada anak penyakit kurap adalah penyakit yang terjadi pada bagian kulit dan akan berbentuk lingkaran yang akan membesar bila tidak di atasi dengan segera. penyakit kurap ini bisa terjadi pada siapa saja, baik anak anak atau pun orang yang sudah berumur dewasa. kurap merupakan jenis penyakit kulit eksim yang kering yang memiliki penyebab, gejala, pengobatan dan cara mencegah. Di mulai dari penyebab kurap seperti adanya jamu yang melekat pada bagian anggota tubuh dan kurangnya menjaga kebersihan badan. kurap ini terjadi pada bagian tangan, kaki, jari jari, kulit kepala bahkan selangkangan pun juga terjadi.
jenis-penyakit
kurap ini menimbulkan rasa gatal gatal yang sungguh luar biasa dan kegatalan ini, akan berujung pada bekas luka yang menggaruknya terlalu kencang. Dalam mengobati penyakit luka, sebenarnya sama dengan penyakit lainnya, seperti panu, kadas, kurap dan panu serta kutu air. Penyakit memang penyakit yang kerap sering terjadi dan bisa menular dengan cepat. salah satu bahan yang bisa di kenakan adalah bawang putih. kebanyakan bawang putih ini di pakai pada orang yang memiliki masalah pada kulit, contohnya kurap. Yang bisa disembuhkan dengan bawang putih. caranya pun sangat mudah, kita tinggal menumbuknya, lalu oleskan saja pada bagian kulit yang terkena penyakit kurap tersebut secara merata. kalau pengobatan ini rutin untuk di lakukan, otomatis kurap akan hilang dengan cepat.

6. Penyakit Kulit Impetigo


Impetigo adalah infeksi kulit yang sangat menular, penyakit ini terutama menyerang bayi dan anak-anak. Infeksi yang diawali dengan masuknya bakteri menembus kulit melalui luka sayat, luka gores, atau gigitan serangga, dan biasanya terjadi di area wajah. Impetigo juga dapat muncul pada kulit yang sehat, walau kecil kemungkinannya.
jenis-jenis-penyakit
Infeksi impetigo biasanya ditandai dengan luka berwarna merah pada wajah, terutama di sekitar hidung dan mulut. Luka ini cepat melepuh dan mengeluarkan cairan selama beberapa hari. Kemudian luka berubah menjadi kerak berwarna cokelat kekuningan. Impetigo adalah penyakit menular, maka penyebabnya pun seringkali dikarenakan penularan melalui kontak luka, bisa juga melalui pakaian, selimut, handuk, atau mainan anak.

7. Penyakit Kulit Herpes


Herpes adalah penyakit kulit menular yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri, dimana virus dan bakteri penyebab herpes itulah yang membedakan jenis penyakit herpes yang diderita, karena ada beberapa virus yang dapat mengakibatkan penyakit herpes diantaranya adalah virus varicella zoster dan virus herpes simpleks atau biasa dikenal dengan virus HSV. Berikut klasifikasi penyakit herpes berdasarkan penyebabnya :
jenis-jenis-penyakit
Penyebab penyakit Herpe zoster disebabkan oleh virus yang bernama Varicella Zoster. Virus inilah menjadi penyebabnya timbulnya gelembung kecil-kecil yang berisi air. Gejala herpes zoster awalnya timbulnya ruam merah yang disertai dengan gelembung kecil yang berisi air, pada tubuh penderita seperti di dada atau punggung akan menyebabkan rasa nyeri. Saat awal penyakit Herpes zoster timbul hanya berbentuk seperti butiran-butiran kecil yang berisi air serta merasakan rasa sakit pada bagian yang terkena herpes tersebut. lalu kemudian butiran air itu akan menjadi besar yang timbul pada daerah sekitar selama 1 minggu, setelah itu butiran itu akan kempis secara sendirinya kemudian dalam jangka waktu 2 hingga 3 minggu kulit yang terkena Herpes zoster itu akan kering dan mengelupas. Gejala penyakit Herpes zoster dapat anda lihat dibawah ini.

8. Penyakit Kulit Melonia


Melanoma Merupakan suatu bentuk keganasan (kanker kulit) yang tampak seperti tahi lalat pada kulit. Ini merupakan jenis penyakit kulit yang berbahaya karena mengancam nyawa. Jika Anda memiliki tahi lalat perhatikan tanda-tanda melanoma sebagai berikut: Asimetri : bentuknya tidak simetris (tidak beraturan) Border : Tepi tahi lalat compang-camping, kabur, atau tidak teratur Warna : warna tidak merata dan mungkin termasuk warna hitam, coklat, atau kemerahan. Diameter : Ukuran cepat membesar dalam waktu yang singkat

9. Penyakit Hypohidrosis


Penyakit Hypohidrosis merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh gangguan pada kelenjar yang menyebabkan kulit tidak dapat mengeluarkan keringat. Adapun gejala yang di timbulkan dari penyakit tersebut adalah; suhu tubuh memanas, tidak keluar keringat dan timbul kekejangan pada anggota tubuh, sehingga penyakit tersebut terbilang bahaya karena dapat menimbulkan kematian.

10. Penyakit Lupus


Penyakit lupus merupakan salah satu penyakit yang kebanyakan penderitanya adalah kaum wanita dan penyakit ini bisa bersifat sementara dan juga bisa bertahan lama . Bagi penderita yang terserang penyakit tersebut bisa muncul dan kambuh dengan tiba-tiba dan juga penyakit tersebut bisa berkembang parah secara cepat dan bisa juga lambat serta penyakit tersebut bisa hilang dengan tiba tiba yang kemudian bisa muncul kembali secara tiba-tiba pula.

11. Penyakit Kulit Schyosis vulgaris


Penyakit kulit Schyosis vulgaris merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kulit tubuh menjadi kering sehingga sel kulit menjadi mati dan mengerak pada bagian luar kulit tubuh biasanya berbentuk seperti sisik ikan. Penyakit tersebut dapat berkembang dan menyebar jika dibiarkan.

12. Penyakit Kulit Ingrown nails


Penyakit kulit Ingrown nails merupakan jenis penyakit kulit yang diakibatkan dari pemotongan kuku yang salah, pemakaian sepatu yang terlalu kecil, infeksi luka pada kuku dan berat badan yang berat juga dapat menyebabkan penyakit tersebut. Walaupun rasanya sakit penyakit tersebut tidak menular dan juga tidak membahayakan.

Nah demikianlah penjelasan singkat dari cara obat mengenai Jenis Penyakit Kulit, Semoga bisa bermanfaat dan membantu anda semua yang membutuhkan informasi ini, dan jangan sampai kita terkena penyakit ini, salam sehat

Subscribe to receive free email updates: