Manfaat Bekam Untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Manfaat Bekam di dunia medis sudah banyak sekali kita gunakan untuk mengatasi berbagai penyakit, memang Bekam atau yang dikenal dengan Terapi Bekam bisa dikatakan sebuah solusi mudah untuk mengatasi / menyembuhkan penyakit, sebelum membahas lebih lanjut apa saja Manfaat Bekam Bagi Kesehatan, mari kita cari tahu dulu apa sih sebenarnya bekam itu?

Dari Sumber Wikipedia.org di jelaskan bahwa Bekam berasal dari bahasa Arab yaitu Al-Hijanah yang memiliki pengertian suatu metode pengobatan dengan cara mengeluarkan darah statis (kental) yang mengandung toksin dari dalam tubuh manusia. Berbekam dengan cara melakukan pemvakuman di kulit dan pengeluaran darah darinya. Pengertian ini mencakup dua mekanisme pokok dari bekam, yaitu proses pemvakuman kulit kemudian dilanjutkan dengan pengeluaran darah dari kulit yang telah divakum sebelumnya.

Bekam sudah dikenal sejak zaman dulu, yaitu kerajaan Sumeria, kemudian terus berkembang sampai Babilonia, Mesir kuno, Saba, dan Persia. Pada zaman Nabi Muhammad, dia menggunakan tanduk kerbau atau sapi, tulang unta, gading gajah.

Pada zaman China kuno mereka menyebut hijamah sebagai “perawatan tanduk” karena tanduk menggantikan kaca. Pada kurun abad ke-18 (abad ke-13 Hijriyah), orang-orang di Eropa menggunakan lintah sebagai alat untuk hijamah. Pada satu masa, 40 juta lintah diimpor ke negara Perancis untuk tujuan itu. Lintah-lintah itu dilaparkan tanpa diberi makan. Jadi bila ditempelkan pada tubuh manusia yang sakit, dia akan terus menghisap darah tadi dengan efektif. Setelah kenyang, lintah tersebut tidak berupaya lagi untuk bergerak, lantas jatuh dan mengakhiri penghisapannya.
manfaat-terapi-bekam
Ada 2 jenis terapi bekam yang dikenal di dunia medis yaitu terapi bekam kering dan terpai bekam basah. Manfaat Bekam Kering yaitu untuk melegakan sakit secara darurat seperi pegal-pegal, nyeri urat punggung, sakit rematik dan lainnya. Terapi bekam kering ini cocok di gunakan bagi anda yang takut dengan jarum suntik / yang takut di suntik, ini menjadi salah satu alternatif yang bisa anda gunakan untuk mengobati penyakit anda. Cara melakukan Bekam kering ini cukup mudah yaitu hanya dengan menempelkan pada kulit, sedangkan cara kerjanya sendiri adalah menghisap permukaan kulit dan memijat daerah yang mengeluarkan darah kotor.

Manfaat Bekam Untuk Mengatasi Penyakit

Pada kesempatan kali ini obat tradisional akan mencoba menjelaskan Manfaat Bekam yang bisa kita rasakan baik dalam hal pengobatan atau kesehatan. saya akan menjelaskan secara rinci Manfaat Bekam dan membaginya dalam beberapa kategori, jika anda ingin mengetahui secara detail, saya harap anda membaca dengan jelas dan baik, berikut penjelasannya;

Manfaat Bekam Dalam Dunia Medis


Perbedaan pendapat dalam penanganan masalah kesehatan sering terjadi dalam dunia medis, tak lain halnya dengan Terapi Bekam ini, banyak sudah berbagai penelitian yang di lakukan untuk mengetahui apa sebenarnya Manfaat Bekam itu, Dari Penelitian yang di lakukan oleh para ahli menyatakan bahwa Manfaat Terapi Bekam tidak punya keterkaitan dengan darah kotor. beda halnya sama pendapat masyarkat non medis yang beranggapan bahwa pada terapi bekam bisa mengeluarkan darah kotor pada saat proses bekam dilakukan. ini di karenakan fungsi detoksifikasi / pengeluaran racun sebenarnya sudah dilakukan oleh organ tubuh kita yaitu ginjal dan hati. sehingga walaupun ada darah yang keluar pada waktu proses terapi bekam dilakukan itu hanya bagian kecil dari darah kotor yang ada di tubuh kita yang keluar. Tetapi banyak kalangan yang sudah merasakan banyak Efek Baik dari terapi bekam untuk kesehatan.

Dari penjelasan diatas sudah saya singgung bahwa adanya penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli untuk mengetahui manfaat terapi bekam itu apa saja. percobaan terapi bekam ini dilakukan kepada 60 orang secara rutin pada orang gemuk. bahwa dari terapi bekam yang dilakukan terdapat hasil bahwa manfaat bekam bisa menurunkan tekanan darah kadar kolesterol jahat dan ini membuktikan bahwa terapi bekam memiliki manfaat yang luar biasa.


Manfaat Menurut Dunia Non-Medis


Dari penjelasan diatas kita sudah dapatkan bukti bahwa dalam dunia medis pun berani mengatakan bahwa Manfaat Terapi bekam benar-benar bisa dirasakan, sekarang kita masuk ke pendapat Manfaat terapi bekam menurut non medis. di dunia non medis terapi bekam dikenal sebagai salah satu pengobatan alternatif untuk mengobati masuk angin dan darah kotor, dan dalam dunia medis sangat berbeda dan tidak memiliki relevansi yang jelas. diatas sudah saya singgung dalam teknik terapi bekam non medis ini ada dua cara yang bisa dilakukan yaitu dengan terapi bekam basah dan kering. para terapis biasa menggunakan teknik terapi bekam ini untuk mengeluarkan darah kotor.

Jika anda sudah tahu alat bekam yang digunakan, mungkin kita akan banyak temui di berbagai tempat pengobatan secara tradisional, baik dari panti pijat tradisional, ataupun klinik herbal yang rata-rata menggunakan teknik secara alami untuk melakukan pengobatan terhadap suatu penyakit. ada berbagai cara melakukan bekam yang bisa dilakukan salah satunya dengan menggunakan terapi bekam kering yang digunakan untuk mengobati masuk angin, pegal-pegal, pusing di kepala, nyeri otot, caranya cukup mudah dengan hanya menempelkan pada kulit saja dengan mangkuk,kemudian mangkuk ini di gerakkan oleh vakum yang tujuannya adalah memberikan tambahan pijatan dan pasien akan lebih merasa nyaman.

Manfaat Bekam Lainnya

Selain manfaat terapi bekam secara medis dan non medis yang sudah saya sebutkan diatas, perlu anda ketahui bahwa Terapi Bekam ini memiliki banyak manfaat lain, dan tentu saja nya adalah untuk mengobati penyakit, untuk lebih jelasnya apa saja manfaat terapi bekam untuk mengobati berbagai penyakit berikut penjelasan detailnya;

Manfaat Bekam Pada Jantung

Kalian pasti juga sudah tahu manfaat bekam ini sangat bermanfaat bagi kesehatan yang mana dianggap bisa mengeluarkan darah kotor yang terkontaminasi oleh racun, dengan melakukan bekam ini bisa memperlancar peredaran darah pada tubuh. sehingga tubuh akan merasa nyaman dan segar bugar kembali.

Jantung merupakan organ vital pada manusia yang berfungsi memompa darah ke aliran tubuh, apa jadinya jika jantung tidak sehat, pasti semua organ tubuh akan ikut berakibat yang fatal dan penyakit lainnya akan lebih banyak lagi. Kenapa Bekam bisa dikatakan bisa mengobati penyakit jantung, karena bekam dipercaya bisa memperbaiki fungsi organ tubuh dengan memperbaiki jaringan atau sel tubuh yang rusak untuk kembali normal kembali, sehingga fungsi terapi ginjal pada jantung bisa digunakan untuk menyehatkan jantung.

Manfaat Bekam di Kepala

Terapi bekam ini sering kali digunakan untuk mengobati berbagai permasalah penyakit di area kepala, dan ini merupakan salah satu metode pengobatan tradisional yang sangat luar biasa bagi saya, karena saya pun juga sering melakukan sendiri dirumah, karena caranya cukup mudah kok, lain kali saya akan bahas bagaimana cara melakukan terapi bekam yang benar, ok kita lanjut untuk mengetahui Manfaat Terapi Bekam Di Kepala, berikut rinciannya;
  • Mengobati migrain
  • Menyembuhkan penyakit stroke
  • Mengobati sakit pusing
  • Menurunkan darah tinggi atau menormalkan hipertensi
  • Menyembuhkan parkinson
  • Menyembuhkan vertigo
  • Mengobati jerawat
  • Mengobati gangguan sihir
  • Mengobati sakit gigi
  • Mengobati masalah mata, hidung dan telinga
  • Mencerdaskan otak dan meningkatkan daya ingat
Bekam yang dilakukan di kepala tersebut yaitu untuk mengeluarkan materi berbahaya pada bagian kepala tersebut ataupun di sekitar kepala.

Manfaat Bekam Wajah

Wajah yang cerah dan sehat merupakan dambaan setiap orang, dengan melakukan terapi bekam pada wajah ini bisa membantu mengangkat bakteri yang ada pada wajah, dan tentunya memperlancar peredaran darah pada wajah, sehingga wajah akan terasa segar,sehat, lebih berseri dan enak di pandang. maka dari itulah betapa dahsyatnya Manfaat Terapi Bekam yang bisa kita rasakan ini.

Selain Manfaat bekam diatas manfaat terapi bekam lainnya adalah;
  1. Andil dalam merangsang folikel rambut dengan cara memperbaiki peredaran darah menuju kulit dengan begitu akan memperbanyak pasokan zat makanan bagi rambut serta folikel rambut. 
  2. Mengeluarkan beraneka zat membahayakan yang menumpuk di bawah kulit.
  3. Memicu kelancaran peredaran darah pada otot yang membuat kejang otot jadi hilang.
  4. Menyingkirkan gumpalan darah yang ditemukan dalam otot yang merupakan efek dari memar kulit.
  5. Membantu mengirimkan oksigen yang diperlukan oleh serabut otot, memperbaiki absorbsi oksigen oleh sel sesudah bekam dilakukan. Hasilnya fungsi otot menjadi optimal.
  6. Membuang senyawa asam laktat dari dalam otot oleh karenanya keletihan dan sumbatan otot akan hilang.
  7. Merangsang peredaran darah pada persendian dengan begitu akan meredakan nyeri yang dipicu oleh sakit rematik.
  8. Bertugas membuang bahan membahayakan yang menumpuk pada persendian misalnya kristal asam urat yang dapat mengakibatkan sakit gout dan menurunkan ketahanan sendi.
  9. Menangani pengeluaran asam lambung maupun enzim pencernaan yang terbentuk dalam lambung, dengan begitu akan memperbaiki proses pencernaan dan absorbsi nutrisi makanan.
  10. Membantu mengelola gerakan usus lewat kuatnya sedotan langsung atau dengan merangsang saraf, utamanya saraf pneumogastric yang terkait dengan usus lewat beberapa bagian pada punggung.
  11. Merangsang sel-sel hati serta pankreas sekaligus juga meningkatkan kerjanya.
  12. Menaikkan kuantitas sel-sel darah merah dan sel-sel darah putih
Rasanya saya udah capek menjelaskan panjang lebar diatas mengenai Manfaat Terapi Bekam, semoga apa yang saya sampaikan bisa membawa manfaat bagi kita semua dalam mengenal berbagai pengobatan tradisional yang ada di dunia kesehatan, salam sehat selalu ya

Subscribe to receive free email updates: