Ketahui Pantangan Ibu Hamil yang Wajib Dihindari

Bagi seorang wanita hamil atau pun ibu hamil yang sedang mengandung tentu sudah memiliki kewajiban yang harus dilakukan dan juga pantangan ibu hamil yang harus dihindari saat dalam masa kehamilannya. Hal tersebut dilakukan hanya karena untuk menjaga kesehatan dan juga keselamatan janin pada saat masih dalam kandungan. Nah, jika berbicara tentang sebuah pantangan ibu hamil ini pastinya Anda sudah banyak menemui tradisi yang ada di setiap daerahnya, yang mana di dalamnya ada sebuah pantangan yang memang tidak boleh dilakukan oleh seseorang yang sedang dalam masa kehamilan yang terkadang memang tidak bisa diterima oleh akal sehat manusia.

Dalam ilmu kedokteran juga ada sebuah pandangan ibu hamil dengan dasar dan juga teori yang pastinya mampu diterima oleh akal sehat manusia. Contohnya saja bagi ibu hamil diharuskan untuk selalu mengkonsumsi makan makanan yang banyak mengandung nutrisi yang memang sangat berguna bagi kesehatan dan juga tumbuh kembang janin serta masih ada banyak lagi yang lainnya.
pantangan ibu hamil
Memang benar sekali jika dengan perkembangan jaman yang saat ini serba modern, pengetahuan dan juga ilmiah sangat penting dibutuhkan oleh masyarakat umum di dunia dan juga masyarakat di Indonesia pada khususnya. Untuk itulah pada kesempatan yang baik ini kami akan mencoba menjelaskan sedikit ulasan mengenai pantangan ibu hamil secara logis dan juga ilmiah. Adapun penjelasan lengkapnya sebagai berikut.

Pantangan ibu hamil yang wajib Anda tahu dan hindari

Menggunakan pakaian ketat

Melihat trend sekarang ini pakaian atau busana ketat memang sedag banyak digemari oleh masyarakat pada umumnya, baik itu pria atau pun wanita tanpa kenal usia. Tetapi, buat Anda yang sekarang ini sedang hamil, sangat dilarang sekali untuk menggunakan pakaian yang ketat tersebut, sebab itu bisa mengganggu kesehatan dan tumbuh kembang janin yang Anda kandung. Untuk itulah pantangan ibu hamil yang satu ini wajib Anda hindari, akan lebih baik lagi jika Anda mengguankan pakaian yang longgar, dengan tujuan untuk menjaga kesehatan dan juga keselamatan janin yang ada di dalam kandungan Anda tersebut. Ini juga dapat menjadi tips bagi ibu hamil muda supaya dapat menjaga kesehatan janinnya dengan baik.

Mandi air hangat

Pantangan ibu hamil yang selanjutnya adalah mandi air hangat. Sebenarnya mandi air hangat yang dilakukan ibu hamil ini tidaklah berbahaya, tetapi hanya bisa mengganggu tumbuh kembang janin dalam kandungan Anda bila dilakukan terlalu sering. Apalagi ketidaktahuan suhu panas yang Anda gunakan saat mandi air hangat tersebut, bila suhunya terlalu panas malah akan sangat membahayakan keselamat janin Anda, bahkan hingga bisa sebabkan cacat pada janin.

Menggunakan sepatu high heel

Pantangan ibu hamil berikutnya adalah menghindari penggunaan sepatu high heel. High heel ini memang bisa banget menjadikan penampilan wanita tampak lebih cantik. Tetapi tidak bagi seorang wanita hamil, sebab wanita hamil yang menggunakan high heel ini sangat beresiko sekali untuk terpeleset dan juga terjatuh, sehingga pada akhirnya akan sangat berbahaya bagi kondisi janin yang dikandungnya, seperti bisa menyebabkan keguguran.

Mengkonsumsi tape

Pantangan ibu hamil yang terakhir adalah tape. Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa tape adalah salah satu jenis makanan hasil fermentasi dari singkong. Dan wanita hamil atau pun ibu hamil sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makan makanan yang berfermentasi. Hal tersebut karena makanan yang berfermentasi memiliki kandungan alkohol yang dikategorikan sebagai makanan penyebab keguguran yang wajib dihindari.

Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Itulah beberapa pantangan ibu hamil yang bisa kami informasikan kepada Anda semuanya. Semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi para pembacanya.

Subscribe to receive free email updates: