Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian? Baca Penjelasannya di Sini!

Masa kehamilan adalah salah satu hal yang paling diidamidamkan bagi wanita, sebab dengan lahirnya sang buah hati tentu bisa menjadikan keluarganya lebih lengkap dan juga harmonis. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa, ibu hamil seringkali mengalami yang namanya ngidam. Ya, ngidam sendiri adalah suatu keinginan seorang ibu untuk bisa mengkonsusmi beberapa makan makanan pada saat hamil. Dan seringkali ngidam yang telah dialami oleh wanita hamil terkadang membuat kewalahan.

Mengkonsumsi makan makanan tertentu pada saat hamil merupakan hal yang wajar, tetapi pada saat anda ingin mengkonsumsi sesuatu pastikan Anda selalu memperhatikannya. Sebab bila asal-asalan di dalam mengkonsumsi makan makanan bisa berpengaruh pada kesehatan ibu dan juga janin yang ada di dalam kandungannya. Sebetulnya, ada beberapa pantangan makanan bagi ibu hamil, seperti halnya makan makanan yang mengandung bahan dasar ikan mentah, makan makanan yang berbahan dasar keju, atau pun susu yang tidak melalui pasteurisasi, bahkan minum minuman yang mengandung alkohol dan juga membatasi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi dan juga teh.
manfaat durian untuk ibu hamil
Lantas, bagaimana dengan buah durian sendiri? Bolehkah ibu hamil makan durian? Pertanyaan yang seperti itu memang sering ditanyakan bagi sebagian besar ibu hamil. Sebab hingga sekarang ini masih ada banyak sekali yang memperdebatkan mengenai manfaat buah durian bahayanya pada saat dikonsumsi ibu hamil. Namun, untuk mengetahui perjelasan yang lebih lengkapnya, silakan Anda simak beberapa ulasannya di bawah ini.

Manfaat buah durian bahayanya saat dikonsumsi ibu hamil


Jika berbicara tentang bolehkah ibu hamil makan buah durian? Perlu Anda tahu terlebih dahulu bahwa pada dasarnya buah durian ini tidak mempunyai dampak buruk bagi kesehatan ibu hamil dan juga janin yang dikandungnya. Akan tetapi, ada 2 zat di dalam buah durian tersebut yang sangat berbahaya bila dikonsumsi bagi ibu hamil. Kedua zat ini adaah asam arachidonat dan juga alkohol.
Yang mana kandungan alkohol yang ada di dalam buah durian ini bisa sebabkan gangguan pada perkembangan janin, sehingga hal ini bisa mengakibatkan bayi Anda lahir prematur dengan berat badannya yang lebih rendah pada saat lahiran.
Sedangkan asam arachidonatnya sendiri bisa membentuk prostaglandin. Prostaglandin ini sendiri adalah senyawa yang bisa merangsang kontraksi yang bisa sebabkan keguguran di awal kehamilan dan juga kelahirkan prematur di usia kehamilan memasuki trimester akhir.

Akan tetapi Anda juga tidak usah terlalu khawatir, sebab buah durin ini juga bisa Anda konsumsi dalam jumlah yang terbatas. Akan tetapi, supaya tidak terjadi masalah pada kehamilan Anda, ada baiknya jangan mengkonsumsi buah durian pada saat hamil. Nah, itulah tadi beberapa penjelasan terkait apakah boleh ibu hamil konsumsi buah durian atau tidak. Tidak hanya pertanyaan itu saja yang seringkali dipertanyakan ibu hamil. Para ibu hamil pun juga sering menanyakan apakah produk olahan makanan yang terbuat dari bahan dasar durian seperti pancake, es krim, dan lain sebagainya juga boleh dimakan?

Untuk menambah wawasan anda agar tetap sehat pada waktu kehamilan silahkan bisa langsung di baca : Cara menjaga Kesehatan Ibu hamil

Durian adalah salah satu buah yang memiliki kandungan gula dan juga lemak yang cukup tinggi. Dan apabila buah durian ini dilah jadi es krim atau pun pancake, kadar lemak dan juga gula yang ada tentunya akan menjadi semakin tinggi. Nah, tingginya kadar lemak dan juga gula ini bisa sebabkan gangguan kesehatan bagi ibu dan janin, seperti kolesterol, diabetes, tekanan darah tinggi, hingga dengan berat badan yang berlebih. Ingat, walaupun sedang hamil, para ibu pun juga harus tetap memperhatikan berat badannya, sebab berat badan yang berlebih ini akan beresiko mengalami operasi caesar pada saat persalinan.

Subscribe to receive free email updates: