Amankah Ibu Hamil Minum Kopi?

Ladies, kira-kira aman atau tidak ya, ibu hamil minum kopi? Selain teh, kopi memang menjadi salah satu minuma favorit bagi setiap orang di seluruh dunia. Tidak hanya bagi para pria saja, wanita pun juga sangat menyukai minuman yang satu ini. Tetapi pada saat wanita hamil ada baiknya wanita lebih memperhatikan jumlah asupan kopi per harinya, supaya tidak menimbulkan masalah pada kehamilannya tersebut. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa selama masa kehamilan, para wanita lebih dianjurkan untuk menjaga asupan makanan dan juga minuman, sebab makanan dan minuman yang dikonsumsi ibu hamil ini bisa berpengaruh positif atau negatif bagi kesehatan ibu dan juga janin yang dikandung.

Ada beberapa penelitan yang menunjukkan bahwa ibu hamil minum kopi lebih dari  300 mg per hari bisa meningkatkan resiko keguguran atau berat badan lahir yang cukup rendah. Sebuah penelitian yang telah dilakukan pada binatang juga menyatakan bahwasannya mengkonsumsi kafein secara berlebih selama masa kehamilan juga bisa sebabkan meningkatkan resiko kelainan kongenital.
resiko kopi untuk ibu hamil
Penelitian lain juga telah menemukan adanya resiko bayi mati sehabis beberapa jam kelahirannya jadi 2 kali lipat jika ibu hamil minum kopi lebih dari 500 mg setiap harinya. Ada baiknya ibu hamil tidak minum kopi, sebab kafein yang ada di dalam kopi tersebut bisa meningkatkan detak jantung, merasa gelisah, dan insomnia.Bahkan tidak hanya itu saja, kopi juga bisa sebabkan heartbun atau keadaan panas pada bagian perut. Lantas apa sajakah resiko minum kopi bagi ibu hamil, berikut rincian lebih jelasnya silahkan anda baca baik-baik ya.

Resiko ibu hamil minum kopi terlalu sering

Sebabkan aliran darah tidak lancar

Perlu Anda tahu bahwasannya ibu hamil minum kopi yang terlalu serig ini bisa membuat bayi yang ada di dalam kandunganya jadi kecanduan kopi, sehingga hal yang seperti ini bisa sebabkan pembuluh darah yang ada di dalam tubuh bayi mengecil. Bila pembuluh darahnya mengecil, pasti sirkulasi darahnya pun tidak lancar, sehingga aliran oksigen yang diedarkannya pun tidak lancar. Bila bayi Anda kekurangan oksigen dan aliran darah yang tidak lancar, ia akan lebih mudah terserang berbagai macam penyakit.

Persalinan yang sulit

Ibu hamil yang minum kopi terlalu sering ini juga bisa sebabkan persalinan yang sulit. Ibu hamil minum kopi yang terlalu banyak akan mengeluarkan darah yang lebih banyak terlebih dulu baru janinnya. Ibu hamil yang mengalami hal seperti ini akan merasakan rasa sakit yang amat sangat luar biasa. Hal ini dikarenakan saat mengejan ia akan mengeluarkan darah secara terus menerus.

Gangguan metabolisme

Gangguan metabolisme juga bisa terjadi pada ibu hamil minum kopi terlalu banyak. Seperti yang telah kita ketahui bahwa metabolisme adalah salah satu hal yang paling penting bagi setiap orang, tidak terkecuali bagi janin yang dikandungnya. Jika janin mengalami gangguan metabolime seperti ini pasti saja bisa menyebabkannya terkena berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah penyakit penurunan kognitif.

Dehidrasi

Ibu hamil minum kopi yang terlalu sering juga bisa sebabkan dehidrasi. Padahal dehidrasi ini adalah suatu kondisi yang sangat berbahaya dan wajib dihindari, khususnya bagi ibu hamil. Agar staminanya tetap prima dan juga terjaga, ibu hamil butuh banyak cairan. Setidaknya 8 hingga 10 gelas per harinya.

Sebabkan sakit kepala

Sakit kepala pada ibu hamil juga bisa disebabkan karena ibu hamil minum kopi yang terlalu banyak. Sakit kepala yang tidak tertahankan dapat saja menyebabkan ibu hamil terjatuh dan bisa saja terbentur. Seperti yang telah kita ketahui ibu hamil wajib menghindari hal ini supaya darah tidak menggumpal serta tidak mengganggu persalinannya.

Baca juga : 4 Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil

Itulah tadi sekilas informasi tentang aman atau tidaknya ibu hamil minum kopi, semoga saja bisa bermanfaat bagi Anda semuanya.

Subscribe to receive free email updates: