Berbagai Macam Penyakit Pada Ibu Hamil Yang Wajib Anda Tahu

Hamil adalah sebuah impian yang paling didamba-dambakan bagi setiap orang, khususnya bagi seorang wanita. Konon, apabila seorang wanita masih belum pernah merasakan hamil, maka ia belum jadi seorang wanita seutuhnya. Jadi, tidak diherankan bila apapun bakal dilakukan oleh seorang wanita agar dirinya bisa hamil. Hamil memang sebuah anugerah yang luar biasa yang telah diberikan oleh Tuhan, tetapi semua orang tahu bahwa proses kehamilan selama 9 bulan lamanya bukan hal yang cukup mudah untuk bisa dijalani. Hal tersebut karena ada banyak sekali rintangan yang wajib dihadapi bagi setiap wanita yang sedang hamil, salah satunya adalah berbagai macam penyakit pada ibu hamil.

Perlu Anda ketahui bahwasannya masa kehamilan seperti ini merupakan masa di mana tubuh akan sangat rentang sekali terkena berbagai macam penyakit, maka dengan begitu kondisi tersebut akan sangat dibutuhkan perhatian yang khusus, baik itu secara fisik atau pun mental. Lantas, apa saja sih macam-macam penyakit atau pun keluhan yang sering muncul pada ibu hamil? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Macam-macam penyakit pada ibu hamil

Pada waktu anda mengandung / hamil biasanya perbuhan horman dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit ibu hamil, ini wajar saja, karena memang kondisi inilah yang menjadi bentuk penyesuaian tubuh terhadap bayi yang dikandung, apalagi buat ibu hamil pertama kali pastilah resah dan takut akan terjadi apa2. tetapi anda santai saja itu semua wajar kok, untuk lebih rinci dan jelas berikut jenis penyakit pada ibu hamil.

Anemia

Penyakit pada ibu hamil yang pertama adalah anemia. Kondisi dimana tubuh akan memiliki sedikit sel darah merah atau pun sel yang tidak bisa membawa oksigen keberbagai organ tubuh yang seringkali disebut dengan anemia kehamilan. Hal tersebut dipengaruhi karena selama masa kehamilan volume darah ibu hamil akan mengalami sebuah peningkatan sampai dengan 50 persen, dan perkembangan tumbuh kembang janin akan tergantung pada darah ibu hamil. Akan tetapi, bila ibu hamil menderita penyakit anemia, maka akibatnya kondisi sih janin akan lahir prematur dan berat lahirnya jadi lebih rendah.
jenis penyakit ibu hamil
Umumnya penyakit anemia pada ibu hamil ini disebabkan karena ibu hamil kekurangan vitamin dan juga mineral seperti vitamin B12, asam folat, dan lainlain. Cara mengatasi anemia pada ibu hamil ini seperti sering mengkonsumsi sayur hijau, pisang, dan juga sari kurma.

Pregnancy induced hypertension

Penyakit pada ibu hamil yang kedua adalah salah satu bentuk tekanan darah tinggi selama kehamilan. Kondisi yang seperti ini seringkali terjadi pada wanita yang sedang hamil diusia kehamilan perama, kehamilan kembar, atau pun pada wanita hamil yang sebelumnya sudah memiliki riwayat penyakit kronis, seperti hipertensi dan diabetes. Penyakit jenis ini bisa menjadikan kejang pada ibu hamil dan pastinya bisa beresiko fatal bagi kondisi kesehatan janinnya.

Rhesus

Penyakit pada ibu hamil yang ketiga adalah penyakit rhesus atau yang sering disebut Rh, penyakit ini adalah penyakit yang sangat jarang terjadi, yang mana penyakit ini terjadinya karena ketidakcocokan jenis darah ibu dengan sih bayi. Umumnya penyakit jenis ini akan berdampak negatif yakni bayi yang baru dilahirkan tersebut bisa terkena penyakit anemia, atau pun terjadi komplikasi lain, seperti penyakit kuning atau pun pembesaran organ tubuh.

Placenta previa

Penyakit pada ibu hamil yang terakhir adalah placenta previa yang merupakan sejenis penyakit komplikasi umum bagi ibu hamil yang beresiko tinggi, yakni plazenta di dalam kondisi melekat atau pun menutupi leher rahim (pembukaan rahim). Kondisi yang seperti ini bisa mengakibatkan pendarahan di bagian bawah rahim dan bila penyakit atau pun gangguan ini tidak segera ditangani dengan cepat, maka akan beresiko pada perlambatan pertumbuhan janin, kelahiran prematur, dan juga infeksi selama masa kehamilan.

BACA JUGA : Efek Kopi Bagi Ibu hamil

Itulah berbagai macam penyakit pada ibu hamil yang bisa kami bagikan kepada Anda semuanya, semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi. Selalu waspada terhadap berbagai macam penyakit yang bisa saja menimpa ibu hamil agar kondisi janin yang ada dalam kandungan tetap sehat hingga proses lahiran.

Subscribe to receive free email updates: