4 Nutrisi Ibu Hamil yang Wajib Anda Penuhi

Hamil merupakan salah satu momen yang paling dinanti-nantinya bagi pasangan suami istri untuk menyempurnakan sebuah keluarga yang bahagia. Jadi, jangan heran bila ada seorang istri yang akan merasa sangat senang sekali bahkan hingga berteriak histeris pada saat mengetahui drinya lagi mengandung seorang bayi yang ia harap-harapkan. Sehingga pada saat hamil, hal yang paling utama harus Anda perhatikan adalah dengan mencukupi asupan vitamin dan nutrisi. Sebab nutrisi ibu hamil yang dikonsumsi setiap harinya selain bisa menyehatkan tubuh ibu dan calon buah hati, makanan yang bernutrisi tersebut ternyata juga bisa bermanfaat bagi buah hati pada saat ia terlahir ke dunia.

Ibu hamil yang sudah memasuki trimester pertama dan juga kedua ada baiknya mengkonsumsi makan makanan yang memiliki kandungan kalori sekitar 2.000 kalori per harinya. Sedangkan bagi ibu hamil yang sudah memasuki trimester ketiga atau pun tiga bulan terakhir sebelum lahiran Anda harus menambahkan kalori sebesar 200 kalori per harinya. Sehingga total kalori yang harus dipenuhi sekitar 2.200 kalori dalam setiap harinya. Nah, berikut ini adalah nutrisi ibu hamil yang wajib Anda penuhi.
4 nutrisi ibu hamil yang wajib di penuhi

Masih membahas seputar kesehatan ibu hamil, kemarin sudah saya bahas manfaat buah bit bagi ibu hamil dan bayi nah kali ini akan saya infokan lebih lanjut apa saja nutrisi yang wajib di penuhi ibu hamil, masa hamil merupakan masa yang terpenting bagi seorang ibu agar kandungan bisa terjaga dengan baik dengan asupan nutrisi yang tepat sehingga akan membawa dampak positif bagi buah hati anda, yuk langsung saja apa saja sih 4 nutrisi ibu hamil yang wajib di penuhi. berikut penjelasannya.

Nutrisi ibu hamil yang harus Anda tahu

Makanan yang mengandung vitamin C


Salah satu nutrisi ibu hamil yang wajib Anda penuhi yang pertama adalah makanan yang mengandung vitamin C. Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa vitamin C ini berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dengan baik. Bagi para ibu hamil ada baiknya memenuhi kebutuhan vitamin C sekitar 85 miligram per hari. Selain bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C ini juga sangat berguna sekali untuk membantu meningkatkan proses metabolisme tubuh dan juga membantu proses pertumbuhan tulang serta gigi pada janin. Asupan vitamin C ini bisa Anda temukan pada buah-buahan seperti tomat, melon, mangga, dan juga jeruk.

Makanan yang mengandung zat besi


Nutrisi ibu hamil yang selanjutnya adalah makanan yang mengandung zat besi. Untuk bisa mencegah anemia pada ibu hamil, Anda disarankan untuk mencukupi kebutuhan zat besi dalam setiap harinya, yakni sekitar 27 miligram. Anemia pada ibu hamil adalah penyakit yang sering timbul akibat kekurangan volume darah di dalam tubuh. Untuk bisa meningkatkan volume darah ini, Anda bisa mengkonsumsi makan makanan yang kaya akan zat besi, seperti daging sapi, selada, kubis, bayam, dan juga aneka daging unggas.

Makanan yang mengandung protein


Nutrisi ibu hamil berikutnya adalah makanan yang mengandung protein.Protein ini sangat berguna untuk meningkatkan suplai darah dan juga pertumbuhan jaringan bagi janin. Oleh sebab itulah, ibu hamil harus bisa mencukupi kebutuhan protein, yakni 75 hingga 100 miligram dalam setiap harinya. Sumber protein yang baik bisa Anda dapatkan pada makanan seperti tahu, ikan, ayam, dan kacang-kacangan.

Makanan yang mengandung asam folat


Asam folat ini memang sangat bermanfaat di dalam pembentukan sistem syarat pada bayi dan juga mencegah kelainan atau pun cacat pada saat bayi sudah lahir, jadi tidak heran jika makanan yang mengandung asam folat ini jadi nutrisi yang baik untuk ibu hamil yang wajib dipenuhi setiap harinya. Dalam sehari ibu hamil wajib mengkonsumsi makan makanan yang mengandung asam folat sekitar 600 hingga 800 mikrogram. Makanan yang kaya akan asam folat ini bisa Anda dapatkan dari sayur bayam dan kubis, atau buah jeruk dan tomat.

Itulah beberapa nutrisi ibu hamil yang wajib Anda penuhi. Selain hal itu, Anda juga harus bisa memenuhi nutrisi lain, seperti kalsium, minum air putih, dan juga menghindari makan makanan yang bisa sebabkan keguguran atau pun membahayakan janin yang Anda dalam kandungan Anda.

Subscribe to receive free email updates: