Manfaat dan Khasiat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

Tumbuhan yang satu ini memang banyak sekali manfaatnya, dari buah pepaya, daun pepaya, sampai akar pepaya menyimpan banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh serta untuk kecantikan kulit wajah. Nah berikut ini caraobat akan membahas mengenai manfaat buah pepaya untuk kesehatan dan kecantikan wajah, untuk diet, dan juga manfaat buah pepaya untuk ibu hamil.

Buah pepaya yang memiliki nama latin Carica papaya dan termasuk dalam famili Caricaceae sangat mudah ditemukan, tidakah susah untuk mencari dan membei buah pepaya harganya juga sangat murah dan pastinya terjangkau untuk semua kalangan masyarakat, jadi mudah untuk merasakan khasiat dari buah pepaya. Berbagai zat penting atau Vitamin penting yang terkandung dalam buah pepaya sangatlah dibutuhkan untuk tubuh kita agar menjadikan tubuh sehat dan bugar.


Buah Pepaya

Berikut kandungan Gizi yang Terdapat Dalam Buah Pepaya:
  • Vitamin A (1.750 IU)
  • Vitamin B ( 0.03 mg)
  • Riboflavin (0.04 mg)
  • Niacin (0.3 mg)
  • Vitamin C (56 mg)
  • Kalsium (20 mg)
  • Zat Besi (0.3 mg)
  • Fosfor (16 mg)
  • Kalium (470 mg)
  • Lemak (0.1 gr)
  • Karbohidrat (10 gr)
  • Protein (0.6 gr)
  • Kalori (39)
Manfaat dan Khasiat Buah Pepaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan:

1. Manfaat Buah Pepya dapat Mengatasi Gangguan Pencernaan.

Buah pepaya mengandung enzim papain dan serat yang dapat membantu mengatasi masalah lambung dan gangguan pencernaan seperti susah buang air besar dan efektif untuk mencegah wasir. Penelitian juga membuktikan bahwa kandungan papain dalam buah pepaya dapat membunuh parasit yang mengganggu aktivitas pencernaan dalam usus.

2. Manfaat Buah Pepaya dapat Menjaga Kesehatan Ginjal.

Tahukah Anda selain buahnya, manfaat biji pepaya juga sangat penting untuk kesehatan karena mengandung nutrisi penting yaitu flavonoid dan phenotic, sebuah zat aktif yang berperan penting dalam menjaga kesehatan ginjal.

3. Manfaat Buah Pepaya dapat Mencegah Flu.

Buah pepaya mengandung Vitamin C yang berguna untuk memperbaiki sistem imunitas tubuh dan mencegah serangan penyakit seperti batuk, pilek, hingga kanker, jadi sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah pepaya agar terhindar dari masalah penyakit tersebut.

4. Manfaat Buah Pepaya dapat Mencegah Serangan jantung dan Stroke.

Buah Pepaya mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat mencegah oksidasi kolesterol dan dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

5. Manfaat Buah Pepaya dapat Mempertajam Penglihatan.

Buah pepaya banyak mengandung Vitamin A yang sangat peting untuk kesehatan mata, jadi sangat dianjurkan bagi Anda yang mempunyai masalah mata. Buah ini mengandung betakaroten yang dapat dikonversi menjadi vitamin A untuk menjaga kesehatan mata Anda.

Manfaat Buah Pepaya Untuk Ibu Hamil.

1. Manfaat Buah Pepaya Muda untuk Ibu Hamil.

Buah pepaya yang masih muda memang berguna untuk melancarkan air susu ibu, akan tetapi perlu diperhatikan bahwa pepaya muda ini sangat membahayakan untuk ibu hamil, karena pepaya yang masih setengah matang atau mentah dan mengkal bisa menggugurkan kandungan pada ibu hamil. Dari efek inilah pepaya mentah diolah menjadi alat kontrasepsi, Untuk ibu hamil sebaiknya menghindari mengkonsumsi pepaya.

2. Manfaat Buah Pepaya Matang Untuk Ibu Hamil.

Manfaat Buah pepaya matang sangat penting untuk ibu hamil karena mengandung vitamin A, dengan vitamin A si janin bisa tumbuh dengan normal. Begitu pun pada pertumbuhan anak yang dalam masa pertumbuhan, membuat fungsi reproduksi pada manusia berjalan dengan normal, hal ini karena vitamin A berpengaruh pada pertumbuhan dan fungsi dan plasenta pada wanita serta sperma pada pria

Itulah beberapa manfaat buah pepaya yang sangat penting untuk kesehatan tubuh dan ibu hamil, dan manfaat buah pepaya bagi kecantikan kulit bisa dijelaskan sebagai berikut:

1. Khasiat Buah Pepaya dapat Mencegah Penuaan Dini.

Kandungan antioksidan di dalam pepaya bermanfaat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai masalah di kulit, misalnya seperti flek, keriput, dan sebagainya.

2. Khasiat Buah Pepaya untuk Kesehatan Kulit.

Buah pepaya banyak mengandung vitamin A, vitamin C dan E yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Selain membantu melembabkan kulit, vitamin tersebut juga dapat membantu mengembalikan kulit kusam menjadi cerah dan lebih segar. Untuk itu jika Anda ingin terihat cantik, maka rajin-rajinlah untuk mengonsumsi buah pepaya.

========

Demikianlah informasi tentang khasiat buah pepaya untuk kesehatan dan kecantikan, Anda juga bisa membaca artikel penting lainnya seperti Manfaat Buah Naga dan Manfaat Daun Sirih untuk kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat.!

Subscribe to receive free email updates: