Manfaat Dan Khasiat Akar Tanaman Pohon Jarak

Biji jarak mengandung ricine yang beracun tapi kadar racunnya akan berkurang bila dipanaskan. Biji jarak sebaiknya hanya digunakan sebagai obat luar:


Manfaat Jarak

Akarnya bisa digunakan sebagai obat penenang dan rematik.

Khasiat jarak:

1. Sembelit Orang dewasa: 8-10 biji jarak ditumbuk, lalu diberi sedikit air dan peras. Minum air perasan ini sekaligus.

2. Sembelit pada anak: Olesi beberapa lembar daun jarak dengan minyak kelapa. Setelah dilayukan diatas api, letakan daun tersebut ke perut anak.

3. Ketombe: Tumbuk halus beberapa lembar daun jarak, lalu oleskan kekulit kepala. Lakukan ini sebelum keramas.

4. Rematik:

Cara I: Segenggam ditumbuk sambil di beri sedikit air. Lalu oleskan ke tempat yang sakit.

Cara II: 25 gram akar jarang segar direbus dengan 1 liter air sampai airnay tinggal setengah. Minum ramuan ini 2x sehari.

Cara III: Beberapa helai daun jarak diolesi minyak kelapa, lalu dihaluskan di atas api. Tempelkan daun ini ke tempat yang sakit.

5. Menyuburkan Rambut: 20-30 biji jarak ditumbuk, lalu diperas untuk diambil minyaknya. Oleskan minyak itu ke kulit kepala.

6. Mengancangkan Payudarah; 3 helai daun jarak, 2 buah pinang, 1 ibu jari jahe, 1 sendok teh garam ditumbuk sambil diberi 1/2 gelas air. Balurkan ramuan ini ke payudara anda dan diamkan sampai kering. Setelah itu, cuci payudarah dengan air hangat.

7. Gusi Bengkak: 5 lembar daun jarak, 1 sendok kapur sirih direbus dengan 4 gelas air. Setelah disaring, gunakan air tersebut untuk kunur.

8. Sakit Gigi: Teteskan getah jarak pada gigi yang berlubang.

==================

Itulah khasiat jarak untuk kesehatan, baca juga artikel manfaat akar pepaya.

Subscribe to receive free email updates: