Manfaat Dan Khasiat Akar Pepaya Untuk Kesehatan

Yang banyak dikenal dari manfaat akar pepaya adalah manfaatnya sebagai obat bagi penyakit ginjal, baik yang sudah terkena maupun untuk menghindari penyakit ginjal. Caranya, rebus 3 potong akar pepaya bersama 1 liter air kemudian campur dengan madu untuk meminumnya. Selain itu, sepetri pada manfaat biji pepaya diatas, akar pepaya juga baik untuk mengobati penyakit cacingan.


Buah Pepaya

Untuk obat cacing, gunakan akar pepaya kering 10 gram, bawang putih 1 gram, dan air 100 ml. Bahan dipotong-potong, kemudian didihkan dengan air selama 15 menit, baru disaring. Bila perlu, tambahkan air matang sehingga diperoleh hasil saringan 75 ml.

1. Sebagai minuman penyegar, ambil dua potong akr dan satu lembar daun pepaya. Kedua bahan tersebut ditumbuk halus, kemudian direbus dengan satu liter air sampai mendidih, lalu saring. Bila perlu, campurkan madu atau jahe agar rasanya lebih segar.

2. Untuk mencegah resiko batu ginjal, ambil tiga potong akar pepaya, kemudian rebus dengan satu liter air sampai mendidih, kemudian saring. Setelah dingin, campur dengan sedikit madu, lalu minum.

3. Untuk sakit kandung kemih, dan digigit ular berbisa, potong-potong 10 gram akar pepaya kering dan 1 gram bawang putih. Didihkan campuran bahan dalam air 100 ml selama 15 menit, lalu saring (bila perlu tambahkan air matang sehingga diperoleh hasil saringan 75 ml, diminum tiga kali sehari masing-masing 25 ml).

4. Untuk mencegah resiko batu ginjal dan radang ginjal; Bersihkan 30 gram akar pepaya; Rebus dengan 800 cc air hingga tersisa 450 cc, kemudian saring, setelah dingin, campur dengan sedikit madu, lalu minum (3 kali sehari masing-masing 150 cc). Atau juga dengan cara bersihkan 30 gram akar pepaya; campurkan akar pepaya, 15 gram tanaman kumis kucing segar, dengan 30 akar alang-alang; Rebus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, kemudian disaring; minum 2 kali sehari masing-masing 200 cc.

5. Untuk gangguan saluran kencing, cara mengelolah: Ambil 3 potong akar pepaya, Rebus dengan 1 liter air hingga mendidih, kemudian saring, minum 1/2 gelas, satu klai sehari.

6. Untuk mengobati rematik, cara mengelola: Haluskan 30 gram akar pepaya, 20 gram jeruk nipis, 15 gram sambiloto segar, 20 gram daun ketepeng cina, 30 gram daun sirih segar, dan 5 buah cabe rawit. Rendam campuran dalam alkohol 75% selama 7 hari, kemudian peras dan saring. Gunakan airnya untuk menggosok dan mengurut bagian yang sakit. Lakukan 2-3 kali sehari.

================

Itulah manfaat akar pepaya, baca juga artikel tentang manfaat biji pepaya.

Subscribe to receive free email updates: