Tips Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Alami

Berikut ini adalah cara untuk mengatasi perut kembung dengan cara-cara yang cukup sederhana, di antaranya adalah sebagai berikut:


Cara Mengatasi Perut Kembung

Perut kembung memang sangatlah mengganggu aktivitas kita, karena akan membuat kita merasa tidak nyaman, oleh karena itu bagaimna cara kita mengatasi atau menghindari agar tidak terkena perut kembung, berikut ini tipsnya:


Hindari mengkonsumsi makanan yang dapat menimbulkan perut menjadi kembung seperti makan brokoli, kembang kol, dan hindari minuman yang berkarbonasi karena itu dapat menjadikan penyebab utama perut kembung.


Penyakit asam lambung juga bisa menyebabkan tubuh menelan lebih banyak udara. Saat asam lambung naik kembali ke kerongkongan, Anda akan menelan lebih banyak udara dan sering bersendawa. Terlalu banyak udara di dalam perut inilah yang bisa menyebabkan terjadinya perut kembung.

Beberapa kondisi medis bisa menyebabkan terjadinya perut kembung, atau bisa dikatakan perut kembung menjadi salah satu gejala dari adanya suatu penyakit seperti gangguan pencernaan misalnya infeksi, Konstipasi, Penyakit celiac serta penyakit asam lambung.

Obat Perut Kembung Dan Begah


Tergantung pada penyebabnya. Jika kembung karena kekenyangan atau karena makanan,maka beberapa obat dapat digunakan, diantaranya:

Enzim pencernaan
Beberapa enzim digunakan untuk mengatasi perut kembung dan begah akibat kekenyangan atau salah makan. Enzim tersebut adalah pankreatin, bromelain, dan mungkin juga empedu sapi (dalam kemasan, kadang ditulis ox bile). Enzim tersebut tersedia dengan merek Pankreoflat, Enzyplex, Tripanzym, Benozym, Vitazym, Xepazym).

Penyerap gas/anti flatulen
Agar gas dalam perut tidak membuat kembung dan begah, bisa diberikan oabt penyerap gas. Obat yang digunakan adalah simetikon atau dimetilpolisiloksan (Dysflatil). Simetikonn atau dimetilpolisiloksan juga serinbg dikombinasikan dengan obat maag.

Probiotik
Makanan yang tidak tercerna dengan baik akan menyebabkan pertumbuhan bakteri jahat. Untuk menekan pertumbuhan bakteri ini, perlu bakteri baik seperti Lactobacillus dan sejenisnya (Yakult, Rillus, Synbio).

Itulah cara mengatasi perut kembung, baca juga artikel kesehatan tentang manfaat daun sirsak.

Subscribe to receive free email updates: