Manfaat Khasiat Bawang Putih Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sudahkan Anda mengetahui bahwa Bawang putih memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit wajah, selain bawang putih yang kerap dijadikan sebagai bumbu dapur bawang putih ini menyimpan banyak khasiat yang sangat berguna bagi kesehatan.

Mungkin sebagian orang tidak menyukai akan bawang putih karena memiliki bau yang menyengat, tapi perlu diketahui bahwa tanaman bawang putih ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit, berikut informasi selengkapnya dari manfaat bawang putih bagi kesehatan dan kecantikan.


Manfaat Bawang Putih

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan:

1. Sebagai Obat Tradisional Untuk Mencegah dan Mengobati Flu
Dengan kandungan antioksidan di dalamnya, menjadikan sistem imun tubuh manusia mendapatkan manfaat jika bawang putih secara konstan di masukkan dalam menu sehari-hari. Jika flu menghampiri, cobalah menyeruput teh bawang putih: Caranya sangat mudah yaitu masukan irisan atau cincang halus bawang putih dalam air panas untuk beberapa menit kemudian saring. Kemudian minumlah teh bawang putih. Dapat juga ditambahkan sedikit madu atau jahe untuk menambah rasa.

2. Mengatasi Penyakit Kulit
Bawang putih telah terbukti memiliki khasiat sebagai anti radang, bawang putih berguna mengurangi terjangkitnya penyakit kulit. Caranya yaitu dengan mengoleskan sedikit minyak bawang putih di area yang terinfeksi untuh hasil kulit yang lebih halus.

3. Manfaat Bawang Putih dapat Menyembuhakan Luka Serpihan
Menempatkan sepotong bawang putih di atas luka serpihan kaca kemudian menutupinya dengan balutan perban merupakan obat tradisional yang telah lama digunakan oleh sebagian masyarakat. Masyarakat meyakini akan hal tersebut sampai sekarang.

4. Untuk Mengobati Gatal pada Kaki
Bawang putih memiliki sifat anti jamur, oleh karena itu bawang putih dapat menjadi obat tradisional mujarab bagi Anda untuk menghilangkan rasa gatal di kaki. Caranya sangat mudah yaitu dengan merendam kaki dalam bak berisi air hangat dan cincangan bawang putih lalu masukan irisan bawang putih kedalam air hangat tersebut, maka Anda akan merasakan khasiat dari bawang putih ini.

5. Manfaat Bawang Putih dapat menjauhkan dari gigitan Nyamuk
Salah satu penelitian di India menemukan bahwa orang-orang yang menggosokkan ramuan bawang putih di lengan dan kaki mereka, tidak terganggu oleh binatang penghisap darah tersebut. Buatlah larutan minyak bawang putih, minyak jeli dan lilin lebah atau tempakan sesiung bawang putih di tempat tertentu sebagai penangkal nyamuk.

6. Sebagai Obat Alami untuk Menyembuhkan Sariawan
Bawang putih mengandung suplemen yang dapat membantu proses penyembuhan pada masalah sariawan . Dengan adanya sifat alami anti-inflamasi membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

7. Melindungi Tanaman dari Hama
Hama tanaman tidak suka bawang putih. Gunakanlah pestisida alami yang terbuat dari bawang putih, minyak mineral, air, dan sabun cair. Tuang ke dalam wadah penyemprot dan semprotkan ke tanaman.

Itulah beberapa manfaat mawang putih bagi kesehatan, dan berikut dibawah ini adalah khasiat bawang putih bagi kecantikan:

1. Manfaat Bawang Putih dapat Menyuburkan Rambut
Khasiat Bawang Putih dapat mengatasi masalah kerontokan rambut. Dengan kandungan Allicin yang tinggi, mirip senyawa belerang yang ditemukan pada bawa merah, yang dipercaya efektif untuk mengatasi masalah rambut rontok. Gosokkan irisan siung bawang putih pada kulit kepala lalu pijat-pijat untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Bisa juga bawang putih ditambahkan minyak, lalu dipijatkan ke kepala.

2. Bawang Putih dapat Menghilangkan Jerawat
Bawang putih dapat digunakan untuk mengobati jerawat, karena mengandung anti-bakteri dan anti-viral yang dapat mengurangi peradangan pada kulit.

Cara pemakaiannya juga tergolong mudah, hanya dengan menghancurkan siung bawang putih hingga menjadi pasta. Oleskan pasta bawang putih di tempat yang berjerawat. Ini berkhasiat untuk membantu menghilangkan ruam merah serta mengobati radang akibat jerawat.

3. Sebagai Pengontrol Berat Badan
Ahli gizi Cynthia Sass menyebutkan penelitian pada tikus yang makan bawang putih menunjukkan adanya pengurangan berat badan dan penyimpanan lemak. Cobalah untuk memasak setiap dengan menggunakan bawang putih menghasilkan makanan yang lezat dan pinggang yang ramping.

4. Bawang Putih untuk Menghaluskan Kulit
Bawang putih juga mengandung komponen zat organosulfur yang bernama allicin. Zat ini memiliki kemampuan untuk menghaluskan dan melembutkan tekstur kulit, serta mampu membantu menghilangkan strech-marks. Cobalah untuk mencampurkan sedikit pasta bawang putih pada masker wajah Anda, dan rasakan khasiatnya.

5. Dapat Mencegah Penuaan Dini
Jika Anda merupakan orang yang sering menghabiskan uang demi mendapatkan produk anti penuaan dini yang berharga mahal, sebaiknya Anda berhenti dan cobalah untuk memanfaatkan bawang putih ini. Komponen yang terkandung di dalam bawang putih dapat membantu menghilangkan kerut wajah. Cobalah campurkan beberapa tetes air bawang putih ke dalam krim wajah Anda, gunakanlah setiap satu minggu sekali.

6. Khasiat Bawang Putih Dapat Menghilangkan Komedo
Gunakan tumbukan bawang putih sebagai scrub wajah, hal ini berkhasiat untuk menghilangkan komedo yang membandel. Usapkan pada wajah sambil sedikit dipijat dengan gerakan memutar.

Perhatian: Perlu Anda ingat baik-baik jangan menggunakan masker bawang putih yang berlebihan atau terlalu banyak, karena disamping bawang putih ini memiliki khasiat untuk menghilangkan komedo dan jerawat, bawang putih memiliki efek samping juga, yaitu kulit akan merasa panas jika menggunakan bawang putih, perhatikan apakah kulit Anda cocok? Akan tetapi khasiat bawang putih sebagai penghilang komedo dan jerawat tidak diragukan lagi.

========

Demikianlah informasi tentang manfaat bawang putih bagi kesehatan dan kecantikan kulit, Anda juga bisa membaca artikel penting lainnya seperti Manfaat Kulit Manggis untuk kesehatan dan Manfaat Madu bagi kecantikan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda semua.!

Subscribe to receive free email updates: