Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Berikut ini manfaat dan khasiat daun pegagan bagi kesehatan tubuh, kecantikan dan juga sebagai tanaman obat tradisional berbagai macam penyakit.


Manfaat Daun Pegagan

Pegagan (centella asiatica) yang berasal dari Asia ini merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang berbunga sepanjang tahun.

Tanaman ini terdiri atas dua jenis, yaitu pegagan merah dan pegagan hijau. Pegagan juga disebut sebagai "makanan otak" karena dipercaya dapat meningkatkan IQ kemampuan belajar, serta memori. Selain itu, juga menanggulangilemah mental pada anak-anak.

Karena khasiatnya, kini pegagan dimanfaatkan diseluruh dunia. Namun, negarar-negara Eropa dan Amerika menganjurkan agar seseorang yang berusia di bawah 19 tahun tidak mengonsumsi pegagan. Tumbuhan ini diolah dengan berbagai cara sehingga dapat dikonsumsi dalam bentuk herbal kering. herbal segar, bahkan salep.

Istimewanya, seluruh bagian tanaman ini dapat digunakan. Pengobatan dari dalam dan pengobatan dari luar kerap memanfaatkan pegagan. Satu hal yang perlu diingat, pemakain obat-obatan herbal tidak boleh dilakukan lebih dari 6 minggu. Jika masi ingin melanjutkan konsumsi, sebaiknya mengambil jeda sekitar dua minggu dulu.

Kandungan Pegagan:

Didalam pegagan terkandung cukup banyak senyawa kimia. Beberapa diantaranya adalah.:

Triterpenoid
Senyawa ini adalah senyawa yang paling penting dari tanaman pegagan. Triterpenoid befungsi meningkatkan fungsi mental lebih baik dan memberi efek menenangkan. Kandungan ini juga dapat merevitalisasi pembuluh darah sehingga mempelancar peredaran darah menuju otak.

Asiaticoside
Senyawa ini masih bagian dari triterpenoid. Fungsinya menguatkan sel-sel kulit dan meningkatkan perbaikannya, menstimulasi sel darah dan sistem imun, dan tergolong sebagai salah satu jenis antibiotik yang alami.

Brahmoside
Senyawa ini berfungsi untuk mempelancar aliran darah.

Brahminoside
Senyawa ini merupakan protein penting bagi sel otak.
Pegagan juga mengandung kalsium, magnesium, fosfor, seng, tembaga, batakaroten, vitamin B1,B2,B3,C.

Manfaat dan Khasiat Pegagan:

Seperti sudah disinggung sebelumnya, pegagan memiliki banyak sekali khasiat bagi orang yang megonsumsinya. Berikut ini beberapa kahasiat pegagan yang sudah diakui.


  • Antilepra dan antilupa.
  • Menurunkan tekanan darah dan menghambat terjadinya keloid.
  • Menurunkan gejala depresi, mencegah varises, dan mempelancar air seni.
  • Mengatasi gangguan pencernaan dan membersikan darah.
  • Mengatasi wasir dan konstipasi
  • Menyembuhkan flu dan sinusitis
  • Mengatasi TBS kilit, gigitan ular, dan bisul.


========================

Itulah manfaat daun pegagan untuk kesehatan, baca juga artikel kesehatan tentang manfaat daun sirsak.

Subscribe to receive free email updates: