Manfaat Dan khasiat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

Berikut ini adalah manfaat dan khasiat buah alpukat untuk kesehatan, dan kecantikan kulit wajah, serta kandungan vitamin yang terdapat pada buah alpukat.


Manfaat Alpukat

Pada postingan ini saya akan memberikan informasi mengenai manfaat buah alpukat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit wajah. Sebelum mengetahui apa saja manfaat buah alpukat, ada baiknya Anda mengenal apa sih buah alpukat itu, dan apa saja yang terkandung dalam buah alpukat. 

Alpukat atau Persea Americana adalah buah yang banyak disukai oleh berbagai kalangan masyarakat. Ternyata, selain kelezatan daging buahnya, alpukat juga memiliki manfaat penyembuhan yang luar biasa. Buah alpukat yang sudah matang, dagingnya lunak dan berlemak. Biasanya, buah ini dikonsumsi dengan cara diolah menjadi jus atau es campur. Buah ini pun dapat juga dihaluskan untuk digunakan sebagai masker wajah. Minyak buah alpukat juga digunakan untuk aneka kosmetik.

Daun alpukat rasanya pahit, tapi berguna juga sebagai peluruh kencing dan bijinya bersifat antiradang untuk menghilangkan rasa sakit. Senyawa yang terkandung didalam buah alpukat adalah betakaroten, klorofil, vitamin B kompleks, saponin, alkaloid, dan tannin. Sementara, daun alpukat mengandung polifenol dan quersetin. 

Buah alpukat banyak mengandung vitamin E alami dan lemak buahnya memiliki antioksidan yang cukup kuat, sedikit gula, namun kandungan seratnya cukup banyak. Alpukat juga banyak mengandung mineral kalium, tapi rendah natrium.

Manfaat dan Khasiat Buah Alpukat

1. Menjaga kesehatan mata
Manfaat buah alpukat mampu menjaga kesehatan mata Anda, karena buah alpukat memilki kandungan vitamin A sebanyak 180,00 SI.Tentu hal ini sangat membantu bagi kesehatan mata kita. Selain itu vitamin A juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya radikal bebas atau macula pada mata kita.

2. Melindungi kesehatan jantung
Manfaat buah alpukat juga dapat memelihara kesehatan jantung kita. Hal ini dikarenakan buah alpukat mengandung folat yang berperan sebagai pelindung jantung kita agar tetap sehat.

3. Melindungi tubuh dari penyakit kanker
Seperti yang kita ketahui, buah alpukat mengandung vitamin C, Vitamin E, asam folat serta antioksidan. Tentu hal ini bermanfaat untuk mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh seperti misalnya kanker mulut.

4. Menjaga kestabilan tekanan darah
Buah alpukat juga bermanfaat bagi para penderita Hipertensi. Hal ini dikarenakan buah alpukat mengandung Potassium yang berperan untuk menjaga kestabilan tekanan darah.

5. Menurunkan kadar kolesterol jahat
Manfaat buah alpukat juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Meskipun dalam buah alpukat terdapat lemak, namun lemak tersebut merupakan lemak tidak jenuh tunggal. Jadi, meskipun ketika kita mengonsumsi buah alpukat akan merasa kenyang nantinya, akan tetapi hal ini tidak akan meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh kita. Bahkan mengonsumsi buah alpukat dapat mengurangi kolesterol jahat tersebut. Nah, bagi anda yang bermasalah dengan kolesterol anda, ada baiknya anda mengonsumsi buah alpukat ini secara rutin.

6. Mengontrol gula darah
Kandungan lemak tidak jenuh yang terdapat pada buah alpukat tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh saja, akan tetapi juga berfungsi untuk mengembalikan resistensi insulin sehingga nantinya dapat mengontrol gula darah kita. Buah alpukat juga mengandung serat yang mana serat disini mampu mempertahankan tingkat gula darah agar tetap normal.

Demikianlah informasi tentang
manfaat buah alpukat untuk kesehatan, baca juga artikel tentang manfaat mengkudu dan khasiat minyak zaitun.

Subscribe to receive free email updates: