Cara Mengobati Gigitan Binatang Berbisa Secara Alami

Hallo semua sahabat setia pembaca caraobat.blogspot.com, apa kabarnya? semoga semua ada dalam keadaan sehat semuanya. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi yang mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda, yaitu mengenai bagaimana cara mengobati gigitan binatang berbisa atau tips cara mengatasi sengatan binatang berbisa.

Cara Mengobati Gigitan Binatang Berbisa

Pastinya setiap orang tidak akan mau jika disengat binatang berbisa, karena rasanya pasti sangat menyakitkan atau mungkin bisa mengalami kematian jika disengat oleh sebagian binatang yang paling berbisa, salah satu contohnya terkena gigitan ular beracun dan mematikan adalah hal yang mengerikan. Nah oleh karena itu ada baiknya jika anda mengetahui beberapa cara mengobati gigitan binatang berbisa dibawah ini:

Cara Mengobati Gigitan Binatang Berbisa


Resep Pertama siapkan bahan:

Ranting jakang segar secukupnya.

Cara Meramu Resep:

Cuci ranting jakang sampai bersih, lalu giling sampai halus. Ramuan siap untuk digunakan sebagai obat luar.

Aturan Pakai:

Bubuhkan ramuan pada luka gigitan dan sekitarnya, lalu balut.

Cara Mengatasi Sengatan Kalajengking atau Lipan

Apabila Anda atau salah satu dari keluarga Anda terkena sengatan hewan melata seperti kalajengking atau lipan yang dikenal juga dengan nama kelabang, cara pengobatannya cukup mudah hanya dengan mengolesi minyak tanah yang telah dicampur dengan garam. Ramuan tersebut dioleskan pada tubuh yang terkena gigitan atau sengatan dari kalajengking maupun lipan tersebut. Lakukan ini secara berulang-ulang untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Anda juga bisa melakukan pengobatan dengan menggunakan daun Ngokilo atau daun Sambiloto yang ditumbuk halus ditambah garam sedikit, dan diseduh dengan air panas 1 gelas. Selanjutnya ramuan yang diseduh air tersebut disaring dan dicampur dengan telur ayam kampung 1 butir. maka rasa sakit dan nyeri akibat bisa tersebut akan segera hilang dengan cepat.

Anda juga bisa memanfaatkan magnet atau besi sembrani yang ditempelkan pada bekas sengatan hewan melata tersebut (terutama kalajengking). Hal ini dipercaya dapat dengan cepat menghilangkan rasa cekot-cekot yang ditimbulkan ketika kita terkena sengatan kalajengking ataupun sejenisnya.

Cara Mengobati Gigitan Ular Berbisa

Ular yang berbisa seperti ular sendok (cobra), ular cincin (ulo welang), dan jenis ular berbisa lainnya, apabila menggigit akan menyebabkan rasa sakit yang teramat sangat pada bagian yang digigitnya. Gigitan ular berbisa ini juga meninggalkan bekas bengkak kemerah-merahan dan apabila tidak segera ditangani dapat menyebabkan kematian, karena racunnya akan menyebar keseluruh tubuh dalam beberapa menit atau jam saja. Badan seseorang yang terkena gigitan ular berbisa dalam beberapa menit akan menjadi lemah, bersamaan dengan rasa mual dan muntah serta mengeluarkan air liur berbuih.

Saat itu terjadi, usahakan Anda bergerak seminim mungkin karena pergerakan tubuh yang aktif akan memercepat penyebaran racun. Pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengikat anggota tubuh yang tergigit menggunakan sabuk atau kain. Jangan lupa ingat jenis, bentuk, dan warna ular yang menggigit Anda agar petugas medis dapat memberikan zat anti racun yang tepat.

Apabila kebetulan jauh dari pertolongan medis, Langkah-langkah pengobatan alternatifnya yang bisa Anda lakukan adalah ambil ¼ genggam daun Meniran, 1/3 genggam daun Sambiloto, ¼ genggam daun Sembung atau daun Cengkeh, 3 butir bawang putih, 2 jari Gula aren. Kemudian semua ramuan tadi rebus dengan 4 gelas air hingga menjadi setengahnya. Tunggu sampai dingin terlebih dahulu kemudian disaring. Ramuan ini diminum 2 sampai 3 kali sehari, sekali minum 3/4 gelas. Tanaman seperti ini masih mudah ditemukan di daerah pelosok desa dan pedalaman. Minta bantuan warga sekitar untuk mencarikan tanaman ini.

Resep 5 siapkan Bahan:

Umbi daun dewa, secekupnya.

Cara Meramu Resep:

Tumbuk umbi daun dewa yang telah dicuci bersih sampai halus. Ramuan siap untuk digunakan sebagai obat luar.

Aturan Pakai:

Bubuhkan pada bagian tubuh yang tergigit binatang berbisa, lalu balut dengan perban.

Resep 6 siapkan Bahan:

Daun andong, secukupnya.

Cara Meramu Resep:

Giling halus daun andong segar, lalu panaskan di atas api kecil. Ramuan siap untuk digunakan sebagai obat luar.

Aturan Pakai:

Selagi hangat, oleskan ramuan pada bagian tubuh yang tersengat binatang berbisa, lalu balut. Ganti balutan 2-3 kali sehari.

Itulah beberapa resep untuk mengatasi gigitan binatang berbisa, atau cara mengobati sengatan binatang beracun dengan cara alami dan tradisional, Anda juga bisa membaca artikel terkait tentang Penyakit Jantung dan Manfaat Daun Sirsak untuk kesehatan.

Subscribe to receive free email updates: