Ciri Gejala dan Cara Mengatasi Demam Pada Anak

Bagi Anda yang sudah berkeluarga dan mempunyai anak pastinya tidak menginginkan jika Anak Anda mengalami sakit, walaupun itu sakit demam biasa karena tentunya Anak Anda merupakan harta yang paling berharga didunia ini. Nah untuk itu disini saya akan memberikan sedikit tips atau informasi mengenai cara mengatasi demam pada anak secara alami.

Cara Mengatasi Demam Pada Anak

Beberapa hal yang perlu diketahui orangtua mengenai demam adalah demam bukanlah penyakit utama, kondisi ini merupakan reaksi tubuh alamiah terhadap suatu penyakit. Demam bisa pertanda tubuh sedang melawan infeksi karena suhu yang tinggi tersebut memperlambat pertumbuhan bakteri ataupun virus. Oleh karena itu usaha mengatasi demam yang salah bisa memperpanjang masa sakit. Hal ini berbeda dengan pendapat orangtua sebelumnya bahwa demam bisa memperburuk suatu kondisi penyakit ataupun berdampak buruk secara umum terhadap anak mereka.

Gejala Demam Pada Anak:

Pertama demam dapat disebabkan karena infeksi virus, salah satu yang tampak lesu dan tidak mempunyai gairah untuk bermain. Infeksi virus ditandai dengan batuk, pilek atau diare tanpa darah. Ciri khas infeksi demam yang disebabkan oleh virus adalah demam yang tinggi pada hari 1-2 hari, biasanya pada hari ke 4-5 naik tetapi tidak setinggi pada hari pertama, umumnya pada hari ke 6-7 akan pulih sesuai dengan kondisi sebelumnya, sehingga dalam penanganan demam yang terinfeksi virus tidak memerlukan antibiotika ataupun cek darah.

Pertolongan Pertama Mengatasi Demam Pada Anak:

Apabila penyebab demam adalah infeksi virus, anda dapat memberikan pertolongan pertama dengan cara mengompres menggunakan air hangat. Air hangat dapat langsung pada pusat tubuh sehingga akan menurunkan suhu secara otomatis. Hindari menggunakan alkohol atau air dingin. Alkohol akan berbahaya karena uapnya berdampak buruk ketika terhirup oleh bayi. Anda juga dapat menggunakan plaster kompres yang sering kali banyak ditemui dipasara.

Cara Menyembuhkan Demam Pada Anak Secara Alami



Bahan:


Jeruk nipis, 1 buah.
Bawang merah, 3 butir.
Minyak kelapa, 1 sendok makan.
Garam, secukupnya.

Cara Meramu Resep:

Potong jeruk nipis, peras airnya, dan kumpulkan ke dalam cawan. Tambahkan bawang merah yang telah diparut, garam, dan minyak kelapa, lalu aduk sampai rata.

Aturan Pakai:

Kompreskan ramuan pada ubun-ubun dan kepala bayi/anak.

Nah itulah informasi mengenai ciri-ciri gejala demam pada anak dan bagaimana cara mengatasi demam pada anak secara alami. Lihat juga artikel mengenai Gejala Penyakit Jantung dan Cara Mengatasi Darah Tinggi dengan alami.

Subscribe to receive free email updates: